Monday, July 21, 2008

Perjalanan TKI ke Brunei

Brunei merupakan negara kecil yang terkenal makmur, sejahtera, aman dan penduduknya 100% beragama Islam. Brunei berada dekat dengan Indonesia, bisa ditempuh dengan jalur udara yaitu dari Surabaya, Bali dan Jakarta. Sementara dari darat adalah dari Pontianak yang memakan waktu kurang lebih 2 hari perjalanan. Karena dekatnya dengan Indonesia dan melihat kondisi negara Brunei tersebut, banyak orang Indonesia yang berkeinginan untuk mencoba mencari nafkah di Brunei.

Para agen2 perorangan dan juga PJTKI banyak yang menawarkan pekerjaan di Brunei dengan janji-janji yang muluk-muluk serta menarik seperti gaji pembantu Rp 1.200.000 (krg lbh B$ 200), buruh Rp2.400.000 (krg lbh B$ 400) dsb. Calon TKI banyak yang tergiur dgn janji-janji tersebut sehingga tidak sedikit mereka banyak mengorbankan harta benda untuk berangkat dan bekerja di Brunei tanpa mengetahui peraturan dan undang-undang yang berlaku. Benak mereka hanya membayangkan gaji yang dijanjikan besar dan modal kembali.

Terkadang calon TKI ingin melakukan sesuatu yang cepat dan murah, begitu juga dengan soal pekerjaan. Kebanyakan para TKI/TKW ingin berangkat ke Brunei ataupun ke negara lain, tanpa melalui PJTKI atau agen2, karena mereka berpikir "takut ditipu oleh agen" atau " mahal biayanya" atau juga " lama menunggu prosesnya".. Hal yang semacam ini yang menyebabkan para calon TKI melakukan sesuatu tanpa memikirkan dibelakangnya dan dengan jalan "potong kompas" alias cepat. Mereka kadang nekad berangkat ke Brunei dengan jalur gampang. Seperti kalo mau ke Brunei, mereka bisa berangkat dengan cepat dan murah melalui jalur darat, Entikong(Pontianak) - Tebedu(Malaysia) - Sungai Tujoh (Brunei). Perjalanan 2 hari yang melelahkan sekali, namun itulah resikonya demi mengejar impian mereka, apapun jalan akan ditempuh dan perlu pengorbanan.

Kebanyakan para calon TKI datang ke Brunei dengan menggunakan kunjungan sementara atau "short visit", dan biasanya oleh pihak Imigrasi Brunei diberikan waktu 2 minggu atau 14 hari untuk berkunjung. Dan jika mereka ingin menyambung ijin kunjungan di Brunei, mereka harus keluar Brunei dulu dan biasanya sih yang terdekat yaitu melalui perbatasan Brunei-Malaysia yaitu di Limbang. Dengan hanya berputar, mereka diberi waktu 7 hari lagi oleh pihak Imigrasi Brunei.

42 comments:

  1. ass.alkm. admin/kang gambit.
    hola...hola.. salam kenal kang gambit, saya tki juga. setelah baca blog ini saya jadi tertarik. kang gambit ini posisinya sebagai apa? apa sebagai tki, agen, pengusaha, konsulat atau staf pemerintah indonesia lainnya?. saya bekerja di bandar seri begawan, tepatnya di centrepoint abdul rajak compleks gadong. mohon balasannya di dayblekok@yahoo.co.id . mudah2an blog ini bisa menjadi media silaturahim sesama tki di brunei darussalam. DAY, JABATAN SEBAGAI STAFF KEDAI.

    ReplyDelete
  2. Assalamualaikum kang gambit aku juga tki kerja di brunei melelahkan dan mengasyikkan ada duka dan suka salam knal buat smua kang temen tki aku asal malang jawa tmur wassalam

    ReplyDelete
  3. Kepada Anonymus dan Fandi,

    Salam kenal kembali. Terima kasih karena telah mengisi komennya di blog ini. Saya jga kerja sebagai TKI. Tp tidak etis utk disebutkan dimana. Tp yg penting adalah silaturahmi... Semoga TKI2 kita di Brunei sejahtera n sehat selalu. Amin.

    ReplyDelete
  4. Assalamualaikum.....
    Pak..saya pria umur 33thn,saya lulusan paket C setara smu,apa bisa kerja di Brunei?
    saya pernah bekerja diservice center komputer kurang lebih 10thn,sekarang saya bekerja service freelan,mungkin ada yg bisa bantu saya.....
    bekerja dibidang apa saja Insya Allah saya mau

    Adi Nugroho
    adi_gms@yahoo.com

    ReplyDelete
  5. Kepada Sdr. Adi Nugroho,
    Kalo sdh berpengalaman di bidang service komputer bisa saja bekerja di Brunei. Cari informasi di internet suka ada perusahaan2 komputer yg memerlukan pekerja di bidang tersebut. Semoga sukses..

    ReplyDelete
  6. assalamu alaikum...
    pak saya pria berumur 27 tahun, saya lulusan S1 bidang komunikasi penyiaran, bisa komputer dan sekarang mengajar di SD swasta dengan gaji pas-pasan, mohon untuk informasi pekerjaan untuk saya, privat/les belajar atau yang lainnya dibrunei...jazakallah ya pak...

    ReplyDelete
  7. Kepada Sdr Pesantren,
    Yg bisa saya sarankan sesuai dengan bidang saudara adalah di Radio Television Brunei (RTB). Saudara boleh lihat webnya di http://www.rtb.gov.bn/. Coba melamar, Insya Allah bisa berhasil.

    Kalo utk les/private, setahu saya di Brunei belum ada sih..

    ReplyDelete
  8. assalamu alaikum...

    saya lulusan electric enginering ( teknik Elektro)
    dan hobu di kompt.

    apakah ada lahan di negara brunei pak..??
    trm kasih

    ReplyDelete
  9. Kepada Sdr. Inter,

    Di Brunei saya kira bnyk perusahaan di bidang komputer dan engineering. Sebaiknya anda cari di google ato yahoo utk mencari lowongan. Klo saya dapat lowongan bisa di infokan kepada anda, tp gak janji jg sih.

    ReplyDelete
  10. salam.........
    skr gaji dibrunei perbln u/ sopir,ob,peternakan,bangunan B$400...mau tanya yg sdh pernah kesana, biaya mkn perhari brp dan apa msh bs kirim uang kermh indo + ngembalikan modal

    maaf&trims

    ReplyDelete
  11. Assalam..kang saya tanya: adagak job jadi guru ngaji atau apalah...ijazah saya sih D1 Komputer, tapi sebelumnya saya di madrasah swasta di jawa tengah. pengalaman: Op warnet, pernah dibengkel spd motor, marbot Masjid. de el el tks

    ReplyDelete
  12. Kepada Sdr. Didik Corp,
    1.Klo menanyakan ttg biaya makan perhari gak pasti sih tergantung orangnya, tp klo sy perkirakan cukup B$10 (tiga ringgit).
    2.Dan utk krm uang tentu msh bisa, kan banyak pengiriman uang di Brunei jg Western Union..
    3.Pengembalian modal, trgantung biayanya jg sih utk bekerja di Brunei. Ada yg ngabisin Rp 7 - 10 juta. Klo kerja dg gaji B$ 400,- yah itung2 deh sendiri ya...?

    Kepada Sdr. Mamas
    Yg saya tau di Brunei banyak Guru ngaji di sekolah2 agama, dan jg ada yg di rumah-rumah alias private.

    ReplyDelete
  13. BUTUH TENAGA KERJA UTK DI PETERNAKAN
    GAJI 300 DOLAR BRUNEI
    BONUS 900 DOLAR BRUNEI
    KONTRAK KERJA 2 TAHUN
    BIAYA 7.5 JT
    POTONG GAJI 200 X 6 BLN
    VISA KERJA
    JIKA BERMINAT HUB: 081807564825

    UTK INFO TENAGA KERJA JUGA BISA MENGHUBUNGI NOMOR DIATAS

    ReplyDelete
  14. Kpd Sdr. Anonymous..

    Sebenarnya sy tdk mau postingkan iklan ini, karena iklan ataupun lowongan ini saya nilai "misleading" atau terlalu menjanjikan yang muluk2. Tapi semuanya saya serahkan kpd rekan TKI. Namun sedikit saya tambahkan, setahu saya kalau kerja di peternakan tidak ada yang dapat bonus segala apalagi sampai B$ 900,-.. ???

    Saya harapkan kepada agen2 jangan posting iklan disini. Lain kali tidak akan saya posting di blog ini. Terima kasih.

    ReplyDelete
  15. assalamualaikum akhi..
    mau tnya sdkt..
    ayah sya ingin bekerja sbg tki d brunei..
    ad yg menawarkan dgn potong gaji membayar 6,5 jt..
    d potong selama 10 bulan..
    kira2 itu bner g ya??
    terus kalo menurut akhi baiknya gmana??
    ayah sya domisili d kuningan..
    mungkin akhi tau pj tki yg terpercaya gtu..
    sukron jzk buat jwbnnya..

    ReplyDelete
  16. Walaikumsalam..

    Untuk bekerja di Brunei potongannya memang variasi sih. Tapi sebelumnya hrs memahami dulu pemotongan tsb. Klo dipotong 10 bulan, apakah utk biaya keseluruhan? Maksudnya dari mulai bikin paspor, pelatihan, proses visa dsb. Nah klo semuanya itu diurus oleh PJTKI ato agen dan anda tidak mengeluarkan uang sepeserpun, mngkn itu bener alias bisa jg dipotong smpe 10 bln. Tp klo saudara mengeluarkan smpe Rp 5-7 juta utk ngurus2, dan msh dipotong 10 bln, wah itu gak bener...

    Utk PJTKI saya tidak tahu tuh, sebaiknya dcari aja di internet ato nanya ke Depnaker setempat ya?.

    ReplyDelete
  17. Assalamualikum...

    saya mau tanya? saya lulusan S1 ekonomi, pnya pngalman kerja di perushaan kertas sbgai PPIC & diproduksi.

    apakah di brunei ada lowongan kerja dipabrik pak??
    maaf, kira2 gaji standart kerja di brunai brp.

    terimakasih pak

    ReplyDelete
  18. Di Brunei setahu saya, pabrik di Brunei tidak banyak. Diantaranya Pabrik Textile, kayu, makanan n minuman. Kalo soal lowongan mungkin ada aja sih. Dan klo soal standar gajinya tergantung ditempatkan dimana ato sebagai apa..

    ReplyDelete
  19. sebenarnya kerja di brunei gimana sih,kalo di konstruksi gimana keadaannya...makasih

    ReplyDelete
  20. kalo gaji supir sekarang pada kisaran berapa sih gan....

    ReplyDelete
  21. apakah anda berada di brunei saat ini?
    sy mencari sahabat saya warga negara brunei yang bernama AWANG MUSA BIN HAJI BAGOL pegawai JKR BRUNEI apakah anda kenal dengan beliau...
    kalau anda kenal harap hubungi saya melalui emai greatnet_maros@yahoo.com
    terima kasih banyak

    ReplyDelete
  22. Kepada Hengki.saputro:Gaji sopir rata2 B$200-B$400
    dan sodara Anonymous: Sy gak kenal tuh yg namanya Awg Musa bin Hj Bagol.

    ReplyDelete
  23. gimaya... kalau ternyata job kita tidak sesui dgn pass kerja??

    ReplyDelete
  24. Klo jobnya tidak sesuai dengan pass kerja, ada beberapa hal yang perlu dilakukan :
    1. Sebaiknya anda pastikan dulu kepada agen TKI serta tanggungjawab mereka sekiranya hal tersebut terjadi. Dan minta jaminannya secara tertulis agar anda nantinya bisa menuntut agen TKI tsb.
    2. Laporkan ke KBRI BS Begawan dan juga Jabatan Buruh Brunei.

    ReplyDelete
  25. Selamat siang saudara admin, nama saya Johan.saya seorang Diploma 3 Teknik Informatika, bagaimana caranya saya apply kerja resmi dibrunei dengan jurusan saya?dan dimana saya bisa mendapatkan informasi di Indnesia untuk dapat bekerja resmi di brunei dengan status kerja sektor formal?terima kasih saudara admin

    ReplyDelete
  26. Dear Moderator,

    Perusahaan saya bekerja di Brunei kebetulan sedang memerlukan beberapa Cleaning Service. Tolong bisa dibantu, mungkin ada kenal Agen PJTKI yang baik di Jakarta, Makasih banyak atas bantuannya.

    ReplyDelete
  27. Ass wr.wb.

    Pak moderator saya mohon informasi tentang kehidupan di Brunei untuk orang indonesia kebetulan sy dapat tawaran dr power plant company.
    1. Bagaimana kehidupan orang kita di sana, termasuk hubungan dg org pribumi.
    2. berapa biaya hidup normal untuk keluarga dg 3 anak termasuk biaya sekolah, apakah ada sekolah indonesia, sbg catatan rumah, listrik air di sediakan company.

    Mohon info sebanyak2nya, krn ini akan sangat membantu buat saya.

    Terimakasih

    ReplyDelete
  28. ass...sy tertarik iklan peternakan di atas. Singkat z, menurut sy dg istilah kasar (maaf) iklan tu bohong besar. Kasihan para CTKI yg g tau apa2 hrus tergiur dg bnus yg notabene >dr gaji yg cuma RB300. Mg yg posting diberi rahmat oleh yg maha tahu...w3..

    ReplyDelete
  29. Selamat siang saudara admin, nama saya
    Utk yg lulusan D3 Teknik Komputer, sy kira banyak perusahaan komputer, anda bisa cek di website aja dan coba utk melamar. Klo di Indonesia, sy kurang pasti ya.

    ReplyDelete
  30. 1. Bagaimana kehidupan orang kita di sana, termasuk hubungan dg org pribumi.
    -Kehidupan yg gmana yg dmaksudkan anda?..Yg jelas hubungan dg pribumi sih baik2 sja
    2. berapa biaya hidup normal untuk keluarga dg 3 anak termasuk biaya sekolah, apakah ada sekolah indonesia, sbg catatan rumah, listrik air di sediakan company.
    -Hidup normal dg 3 anak...wah susah jg ya utk djwb, tp menurut sy pribadi sih, B$1500 - B$2000 sbln, dan utk biaya sekolah beda2 sih biayanya. Utk sekolah swasta ada yg B$100-B$200/bln, tp klo sekolah kerajaan ato sekolah negeri lbh murah lagi yaitu B$5/setahun. Tp tdk ada sekolah Indonesia.

    ReplyDelete
  31. Negara Brunei Darussalam is a peace country in the world.
    In Brunei You’ll find the serenity in harmony.
    You can do something without in a hurry.
    And you can pray to Alloh in serene and peacefully.
    Pls visit to Find More Information About Brunei:
    http://virtual-bruneidarussalam.blogspot.com
    Thanks

    ReplyDelete
  32. Salam kenal,
    pak Admin saya mau minta tolong..
    perusahaan saya BUMN akan mengerjakan proyek konstruksi di Brunei Darussalam sekitar selama satu tahun.
    saya ingin bertanya:
    1. Apakah nama undang-undang yang mengatur tentang konstruksi disana?
    2. Apakah saya memerlukan visa kerja
    3. Apakah benar, disana itu untuk hari jumat dan minggu libur, dan apakah ada konsekuensi untuk yang mengerjakan konstruksi?
    4. Berapa lamakah standar jam kerja disana? dan adakah sistem lembur?
    5. Apakah disana ada bank yn membuat kita bisa membuka satu akun bank untuk dipergunakan di dua negara Indonesia-Brunei Darussalam (dalam hal ini untuk transfer)
    6.Apakah disana ada Pph (pajak penghasilan) dan PPn (pajak pertambahan nilai) seperti di Indonesia dan berapa besarannya?
    7. Adakah rekomendasi untuk saya, yang bisa saya hubungi untuk pengurusan pekerjaan konstruksi disana?

    maaf kalau pertanyaannya kebanyakan dan dirasakan memberatkan, atas perhatian dan jawabannya saya ucapka terima kasih...
    wa salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. perusahaan saya BUMN akan mengerjakan proyek konstruksi di Brunei Darussalam sekitar selama satu tahun.
      saya ingin bertanya:
      1. Apakah nama undang-undang yang mengatur tentang konstruksi disana?
      ==>Mngkn ini bisa menjawab:http://www.agc.gov.bn/agc1/images/lob/pdf/cap93subr6.pdf. http://www.ilo.org/wcmsp5/groups/public/@ed_protect/@protrav/@ilo_aids/documents/legaldocument/wcms_117278.pdf http://www.agc.gov.bn/agc1/images/lob/pdf/Chp.99.pdf
      2. Apakah saya memerlukan visa kerja.
      ==>Selalunya harus pake visa kerja ingin bekerja, usaha maupun tinggal sementara di Brunei Darussalam
      3. Apakah benar, disana itu untuk hari jumat dan minggu libur, dan apakah ada konsekuensi untuk yang mengerjakan konstruksi?
      ===>Jumat n Minggu memang libur namun biasanya berlaku utk di kantor pemerintahan/kerajaan, tp utk pekerja konstruksi bisa juga bekerja tergantung keperluannya.
      4. Berapa lamakah standar jam kerja disana? dan adakah sistem lembur?
      ==>standar jam kerja biasanya 8 jam, dan selebihnya disebut lembur ato Overtime.
      5. Apakah disana ada bank yn membuat kita bisa membuka satu akun bank untuk dipergunakan di dua negara Indonesia-Brunei Darussalam (dalam hal ini untuk transfer)
      ==>Mslh bank sy tdk begitu pasti, lbh baik lngsung menanyakan ke bank itu sendiri. Di Brunei ada bank Standard Chartered, Citybank, Hongkong Bank, BIBD, Baiduri, Maybank dsb..
      6.Apakah disana ada Pph (pajak penghasilan) dan PPn (pajak pertambahan nilai) seperti di Indonesia dan berapa besarannya?
      ==>Pajak biasanya ada, tp sy sendiri kurang pasti ya brpa persen pajaknya. Utk urusan ini lngsung aja kunjung website: http://www.bedb.com.bn/doing_guides_taxation.html dan yg ini ttg pajak di Brunei http://www.lowtax.net/lowtax/html/brunei/jbuhom.html.
      7. Adakah rekomendasi untuk saya, yang bisa saya hubungi untuk pengurusan pekerjaan konstruksi disana?
      ==> Maaf sy tdk dpt memberikan rekomendasi mengenai pengurusan pekerja konstruksi..anda bisa hubungi Depnaker RI utk lbh berhubungan dengan PJTKI resmi.

      Semoga bisa menjawab pertanyaan saudara..

      Delete
  33. asskummm
    salam kenal,saya mau tanya kalau di brunei itu ada perusahaan bursa saham gak?ya sejenis forex trading gitu?

    ReplyDelete
  34. assalamu alaikum
    Pak moderator saya mohon informasi tentang lowongan guru ngaji kalau ada. saya menguasai bahasa arab lisan maupun tulisan. sebelumnya saya pernah bekerja di media. terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Walaikumsalam,..
      Sdr Tarjo Tarmin, untuk lowongan kerja sebagai guru ngaji biasanya ada di sekolah-sekolah Agama. Sebaiknya anda browsing di internet atau googling utk mencari website sekolah2 tsb dan coba mengirim lamaran lngsung. Semoga berhasil.

      Delete
  35. asslm mas miderator sy seorang pendidik lulusan S1 pendidikan ke ahlian dbidang agama dan bahasa inggris ingin tanya apa ada lowongan guru ngaji di brunae
    mohon konfirmasinya
    nama : asyari S.pd.I
    alamat : lumajang jatim
    No. hp : 085790303009

    ReplyDelete
  36. Kecil bgt gajinya,untuk buruh jam krjnya brp jam?

    ReplyDelete
  37. Assalamualaikum.. Sya umur 23th dan suami sya 28th. kmi berniat mau berkerja di Negara Brunei, sya Lulusan s2 Bidang Ekonomi Syariah dan Suami sya lulusan S1 pendidikan Agama Islam.. kami mohon info perkejaan buat kami bisa tinggal dsna
    ? terme kaseh

    ReplyDelete
  38. Saya Selmia Irianto, laki - laki 38 tahun. Saya lulusan D3 perawat dan sudah berpengalaman bekerja di Rumah sakit swasta di Surabaya. Saya berminat untuk bekerja sebagai perawat orang jompo. Apa ada lowongan di Brunei untuk perawat orang Jompo. Mohon info nya.

    Nama : Selmia Irianto
    No. Hp. : 081515228067

    ReplyDelete
  39. Assalaamu'alaikum Wr.Wb
    Pak maaf mau tanya kalau untuk lulusan S1 Teknik Informatika di Brunei ada kesempatan kerja?, terimakasih

    ReplyDelete